Ruckus Wireless Konfigurasi

Tuesday, May 26, 2009

Well, seperti janji saya beberapa hari lalu. saya akan share mengenai konfigurasi Ruckus Wireless Access Point. tidak seperti yang saya lakukan di Nusa Dua Beach Hotel konfigurasi ini menggunakan Telkom Speedy karena dikantor pakenya speedy.

Let's start, yang kita butuhkan:

1. Windows XP / Service Pack 2

2. Web browser (IE v6 atau diatasnya, Mizilla Firefox v1.4 atau diatasnya)

3. IP Address, netmask, gateway dan DNS Server yang di assigned ke ZoneDirector (Note: tidak berlaku jika network menggunakan DHCP)

Konfigurasi ZoneDirector

1. Pasang power cable dan tekan tombol power pada zonedirector.

2. Power LED akan terlihat berwarna merah berkedip.

3. Selanjutnya akan terlihat Status LED akan terlihat berwarna hijau berkedip mengindikasikan jika sistem zonedirector ada pada setting pabrikannya. 

Jika sudah terlihat siap maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan ZD tersebut ke hub pada network yang tentunya sudah terhubung dengan model ADSL etc.

Biasanya ZD telah memiliki IP Default untuk mempermudah melakukan konfigurasi awal. 

1. Buka Browser kemudian masukkan IP Default tersebut http://192.168.1.11  (contoh)

2. Masukkan User Name dan password yang diminta defaultnya username: admin password: admin 

3. Masuk pada tab Configure:

klik system pada menu sebelah kiri dan mulai konfigure sesuai dengan keinginan anda. IP Address yang ada pada layar tersebut merupakan IP dari ZD anda bisa mengubahnya sesuai dengan range IP pada network yang ada miliki. gateway* merupakan IP dari modem ADSL yang saya pakai. tentu saja ini dapat anda ubah sesuai dengan IP Modem atau Proxy yang anda miliki. setelah setelah aktifkan DHCP yang ada dibawahnya agar ZF (ZoneFlex) mendapat IP dari ZD. kemudian klik apply untuk menyimpan konfigurasi tersebut.

Langkah selanjutnya adalah membuat ESSID:

1. Klik WLANs pada menu disebelah kiri, kemudian klik create:

2. Ketik ESSID Name Misal: Ruckus Hotspot, Tentukan Authentication Option-nya, kemudian masukkan tentukan Encryption Options nya kemudian klik OK

Kita bisa membuat lebid dari satu ESSID sesuai dengan banyaknya nama Tempat misal: Lobby Hotspot, Agung Palace Hotspot ini akan berhubungan dengan Role dimana kita menentukan ESSID name untuk ZF tertentu.

Tiba waktunya untuk menghubungkan ZoneFlex(ZF). seperti halnya ZD, ZF juga memiliki IP default sebagai setting awal jika anda ingin mengubah secara manual dan DHCP pada ZD anda tidak anda aktifkan maka anda cukup memberikan IP address dari browser. masukkan IP Defaultnya http://192.168.0.1 (pastikan ip komputer anda satu range dengan ip ZF untuk melakukan konfigurasi).

Jika DHCP pada ZD anda telah aktif maka anda tidak perlu melakukan setting apa - apa lagi cukup hubungkan ZF terhadap LAN dan tunggu beberapa saat. 

untuk mengetahui status ZF apakah konek atau tidak anda bisa melihatnya pada ZoneDirector Monitor.

Hmm, panjang juga langkahnya untuk konfigurasi Ruckus ya.. 

sebenarnya tidak terlalu sulit bahkan bisa dibilang sangat simple  tergantung kita mau mendesign Wireless  seperti apa. semoga membantu...

tips:

1. Pastikan Versi sistem pada ZoneDirector anda versi 7.1 atau diatasnya karena versi sebelumnya masih belum stabil.

2. Perhatikan posisi peletakan ZF untuk mendapatkan Signal yang optimal.

Share this article on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Bali Techno All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.