Mengenal Cloud Computing

Tuesday, October 11, 2011


Pembaca mungkin sudah tidak asing dengan istilah Cloud Computing, beberapa waktu lalu sebuah ISP ternama di indonesia mengadakan seminar mengenai ini di Hardrock Hotel Kuta, Bali. Seneng juga mengikuti seminar ini apalagi Cloud Computing sedang hangat-hangatnya. Cloud Computing adalah istilah umum untuk segala sesuatu yang melibatkan pemberian layanan melalui internet. Layanan ini secara luas dibagi menjadi 3 kategori: Infrastruktur as a service (IaaS), Platform as a Service(PaaS) dan Software as a Service(SaaS). Istilah Cloud Computing terinspirasi oleh simbol awan yang sering digunakan untuk melambangkan Internet dalam suatu alur flowchart dan diagram.

  1. Infrastruktur as a service (IaaS), Menyediakan Server Virtual (instanceAPI)untuk mengakses dan mengkonfigurasi virtual server dan penyimpanan. Misalnya : Amazon Web Services.
  2. Platform as a Service(PaaS) dapat diartikan sebagai satu set perangkat lunak dan development tools pada infrasctructure provider. Developer membuat aplikasi pada platform provider melalui internet. Provider PaaS menggunakan API, website atau software gateway yang di install pada komputer pelanggan. contoh PaaS: Force.com(salesforce.com) dan GoogleApps.
  3. Software as as Service(SaaS), Vendor menyediakan hardware dan software berinteraksi dengan user website.


Pada dasarnya layanan Cloud Computing memiliki tiga(3) karakteristik yang dibedakan berdasarkan hosting dan dijual berdasarkan permintaan. cukup dinamis, pengguna boleh memiliki sebanyak-banyaknya layanan yang mereka inginkan. Dan ini sepenuhnya dikelola oleh Provider, konsumen hanya memerlukan komputer dan akses internet. 

Keuntungan penggunaan Cloud Computing:
  1. Investasi awal yang lebih kecil, tidak perlu adanya investasi software yang mahal di awal.
  2. Tidak diperlukan investasi untuk Data center, karena data tersimpan pada virtual data center dari penyedia jasa Cloud Computing.
  3. Biaya bandwidth yang lebih murah.
  4. Mengurangi Pekerjaan IT, IT diperusahaan bisa lebih fokus membangun software aplikasi.
  5. Biaya Operasi yang lebih rendah, pengguna Cloud Computing bisa lebih fokus dengan bisnis.

Share this article on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Bali Techno All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.