Menjalankan Safe Mode

Monday, October 10, 2011


Kondisi dimana komputer hanya menjalankan program-program yang dianggap penting(dibutuhkan) oleh windows sebagai system operasinya. sering kali saat kita akan menghapus spyware atau untuk memperbaiki komputer atau laptop yang bermasalah kita harus berada pada safe mode. beberapa fungsi berjalan pada safe mode antara lain(mouse,monitor,keyboard,hardisk,system service) sedangkan fungsi lain seperti networking tidak berjalan bahkan driver untuk VGA pun menggunakan yang standar biasa akan terjadi perubahan resolusi di layar monitor. Untuk menjalankan komputer dalam safe mode :
  1. Kita perlu restart/shutdown komputer/laptop
  2. Kemudian tekan F8 sebelum muncul Windows
  3. Gunakan tombol anak panah untuk memilih safe mode yang dikehendaki kemudian enter.
  4. Jika terdapat dual-boot atau multiple boot maka pilihlah windows yang ingin anda akses dengan safe mode ini. anda dapat mengulangi langkah-langkah diatas jika anda terlewatkan.


Tiga(3) pilihan safe mode:
  1. Safe mode with Networking, Pilihan ini akan memuat semua basic file dan driver serta system service dan driver untuk jaringan.
  2. Safe Mode with Command Prompt, pilihan ini sama seperti safe mode standar bedanya ketika safe mode ini dipilih maka akan muncul command prompt.
  3. Last Known Good Configuration, pilihan ini akan menjalankan komputer dengan setting registri terakhir yang tersimpan saat shutdown terakhir.


Safe mode sangat membantu mengetahui masalah, namun jika masalah tidak terlihat saat safe mode kita dapat menghilangkan setting dan driver yang mungkin sebagai penyebab masalah. kesimpulannya selama masalah komputer atau laptop kita bermasalah akibat virus,spyware,malware, program atau driver yang terinstall didalamnya maka kita dapat menggunakan safe mode untuk mengetahui masalahnya. Namun jika masalahnya adalah kerusakan pada file Windows maka kita perlu mencari cara lain seperti menjalankan recovery console.

Share this article on :

0 komentar:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 Bali Techno All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.